Mitos Bersiul Di Malam Hari Mengundang Setan


Mungkin banyak yang menyangka bahwa apabila bersiul di malam hari akan mengundang makhluk halus.Keberadaan mitos dengan aturan yang sangat kuat bahkan tidak mudah untuk disisihkan begitu saja. Tepatnya akan ada sejumlah hal yang mesti dilewati guna menciptakan adanya suatu perubahan. Pastinya hal ini tidak semudah menutup buku yang sudah selesai dibaca. Adapun adanya mitos yang diyakini berawal dari banyaknya kasus atau kejadian yang terjadi akibat dilakukannya suatu pantangan atau larangan. Kasus-kasus yang terjadi tersebut selanjutnya menjadi bahan kajian bagi masyarakat jaman dulu dan pada akhirnya munculnya mitos. Memang benar semua hal yang terjadi di jagat raya ini tidak terlepas dari kehendak Tuhan. Percaya atau tidak dengan kebenaran suatu mitos sekali lagi kembali pada pribadi kita masing-masing.

Berbicara mengenai mitos, ada banyak mitos yang diyakini di masyarakat. Beberapa mungkin pernah mendengar larangan dari nenek untuk tidak sering-sering bersiul di malam hari. Konon katanya jika anda sering bersiul di malam hari bisa mengundang datangnya mahkluk halus. Sebagai tanda kedatangannya, makhluk halus tersebut akan membalas siulan yang diberikan. Namun, ada juga yang mengatakan balasan siulan yang terdengar tersebut akibat makhluk halus merasa terganggu dengan siulan anda. Bahkan ada juga yang bilang makhluk halus yang datang membalas siulan biasanya bersifat jahat dan berniat mengganggu balik.

Bersiul dengan gaya meniru suara salah satu jenis burung memang bisa mengundang makhluk halus untuk datang. Masyarakat di daerah Gunungkidul pun masih meyakini mitos ini. Jika memang dilakukan bersiul di malam hari akan mengundang kedatangan salah satu jenis makhluk ghaib yang oleh masyarakat Gunungkidul sering disebut sebagai hantu api. Jika anda bersiul tepat saat langit senja atau berwarna merah seperti darah biasanya pun akan lebih manjur untuk mengundang datangnya makhluk halus. Dalam istilah Jawa saat senja dimana langit berwarna merah darah ini disebut saat candhik ala.

Sebagian besar masyarakat memang masih pecaya dengan mitos dan tidak terkecuali mitos bersiul di malam hari yang bisa mengundang kedatangan makhluk halus. Akan tetapi, di samping ada masyarakat yang percaya ada pula masyarakat yang menganggap mitos hanya berhubungan dengan hal-hal yang musyrik. Jadi, faktanya bersiul pada malam hari akan mengganggu waktu istirahat dan tidur saja. Mungkin, dikarenakan sulitnya melarang anak-anak untuk bersiul pada malam hari, maka diciptakanlah sebuah mitos yang membuat mereka takut jika bersiul pada malam hari. Karena kalau mereka melakukannya, maka setan-setan akan berdatangan.

Comments+ 0 komentar:

Silahkan berikan komentar kami mengenai artikel yang telah anda baca tadi.
Biasakan untuk tidak ;
- Berkata yang tidak sesuai
- SPAM pada artikel kami
- Memasang produk anda pada kami