Fakta Unik Mengenai Kembang Api


Tahukah anda? kembang api selain menjadi ikon perayaan tahun baru atau peringatan hari besar. Kembang api sendiri ditemukan tanpa sengaja oleh seorang juru masak. Ia secara tidak sengaja mencampur bahan seperti kalium nitrat (KNO3), belerang (sulfur), dan arang yang terbuat dari kayu.Tanpa disengaja ia memasukkan ketiga bahan tadi kedalam sepotong bambu yang terdapat sumbunya. Secara tiba-tiba bubuk mesiu itu meledak dan mengeluarkan suara ledakan keras.singkat cerita

Maka dari situlah masyarakat cina mencoba untuk mendirikan sebuah pabrik petasan. Bahan baku untuk pembuatan petasan adalah gulungan kertas yang kemudian dibungkus kertas merah dibagian luarnya. Dan kemudian petasan ini menjadi awal pembuatan kembang api yang kita kenal hingga sekarang. Tapi kalian tahu tidak ternyata kembang api mempunyai fakta yang belum anda ketahui. Berikut faktanya :

1. Asal muncul suara ledakan kembang api
Selain mengeluarkan percikan api,kembang api juga mengeluarkan bunyi letusan. Letusan itu diakibatkan karena lapisan garam dan kombinasi oxidizer kalium peklorat dan juga dari bubuk titanium yang membakar setiap lapisan kembang api. Lalu secara perlahan-lahan akan melepaskan gas dan menyebabkan suara letusan.

2. Warna dari setiap kembang api berbeda-beda
Selain itu,kembang api juga terdapat unsur logam.percikan api yang timbul diakibatkan dari unsur logam yang terbakar.Maka dari situlah mengapa masing-masing logam menghasilkan warna percika berbeda-beda.

3. Kembang api hanyalah reaksi kimia yang timbul
Kembang api tersusun dari beberapa komponen yaitu binder,oksidator,reduktor,agen pemberi warna dan campuran bahan kimia lainnya. Dan juga dengan bantuan sumbu kembang api. Dan hasilnya kembang api dapat menimbulkan percikan

4. Kembang api termasuk racun
Hal yang menyebabkan kembang api beracun ialah komponen penyusunnya.Api yang dihasilkan dapat menghasilkan dioksin,logam berat,polusi udara, dan juga unsur barium nitrat. Unsur tersebut dapat menimbulkan masalah pada pernapasan.

Comments+ 0 komentar:

Silahkan berikan komentar kami mengenai artikel yang telah anda baca tadi.
Biasakan untuk tidak ;
- Berkata yang tidak sesuai
- SPAM pada artikel kami
- Memasang produk anda pada kami