Mitos Hantu Sundel Bolong di Indonesia


Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar kata "Sundel Bolong".Dulunya sundel bolong diceritakan sebagai gadis cantik berambut panjang dan memakai gaun warna putih yang panjang.Banyak orang yang salah membedakan antara sundel bolong dengan kuntilanak karena mereka sama-sama hantu wanita dan menggunakan gaun yang sama.Hampir semua sama antara sundel bolong dengan kuntilanak hanya saja perbedaan yang mencolok adalah sundel bolong mempunyai punggung yang berlubang hingga bagian dalam perutnya terlihat.Selain di indonesia, sundel bolong juga sudah terkenal di negara malaysia karena mitosnya disebarkan oleh orang indonesia.

Nama sundel bolong juga berasal dari istilah "Sundal Bolong" dimana "Sundal" merujuk kepada wanita yang tidak benar. atau dikenal sebagai istilah pelacur atau wanita jalang. Sementara kata "Bolong" adalah sebuah bahasa dari daerah jawa yang memiliki arti lubang yang tembus.

Konon ada seorang wanita yang meninggal dunia karena diperkosa oleh orang yang tak bertanggung jawab.Sehingga ia harus melahirkan anaknya dalam kubur.Menurut mitos masyakarat yang beredar,hantu ini juga suka menculik bayi yang baru saja dilahirkan.Selain itu, sundel bolong juga adalah hantu yang pemalu karena memiliki perut yang berlubang. Biasanya hantu ini dikisahkan sebagai wanita cantik yang suka berdiri pada tengah malam di sebuah jalan yang sepi.

Karena seramnya,lalu cerita ini diangkat ke layar lebar pada era tahun 80-an. Sundel bolong sendiri diperankan oleh "Suzanna" (yang dulunya dikenal sebagai ratu horor indonesia).Film pertama sundel bolong yakni pada tahun (1981) buatan Rapi Films yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra.

Comments+ 0 komentar:

Silahkan berikan komentar kami mengenai artikel yang telah anda baca tadi.
Biasakan untuk tidak ;
- Berkata yang tidak sesuai
- SPAM pada artikel kami
- Memasang produk anda pada kami