Inilah Jawaban Mengenai Duluan Ayam atau Telur?


Salah satu teka-teki dunia mengenai "Duluan Mana Ayam atau Telur?" hingga saat ini masih menjadi perbicangan. Dan beragam jawaban pun diperdebatkan. Namun para mahasiswa dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris telah menemukan jawabannya.Dan itu adalah ayam.

Tim peneliti lalu menggunakan komputer canggih milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council). Komputer tersebut dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).Dengan bantuan komputer tersebut para peneliti bisa memecahkan masalah tersebut selama berminggu-minggu,sementara ayam hanya butuh satu malam untuk membentuk cangkang telur tersebut.

Seperti yang telah dilaporkan, para peneliti menemukan pembentukan kulit telur bergantung satu protein yang hanya ditemukan didalam indung ayam. Protein yang dimaksud adalah ovecledidin-17 (OC-17). Protein tersebut bertujuan untuk mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit yang membentuk kulit telur.

Profesor John Harding, dari jurusan yang sama di Sheffield, mengatakan penemuan itu bisa berguna untuk hal lain. "Memahami cara ayam membuat kulit telur dapat memberi petunjuk menuju rancangan baru maupun bahan baru," katanya. Penemuan itu dipublikasikan dalam makalah "Structural Control Of Crystal Nuclei By An Eggshell Protein".

Selama ini banyak orang mengira yang lebih dulu ada adalah telur,tapi ternyata tebakan mereka salah. Lalu darimana ayam berasal?Beberapa teori mengatakan bahwa nenek moyang ayam yang telah menciptakan telur pada zaman dinosaurus.

"Penemuan kami sangat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya."

"Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, Maka kita juga bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia."

Comments+ 0 komentar:

Silahkan berikan komentar kami mengenai artikel yang telah anda baca tadi.
Biasakan untuk tidak ;
- Berkata yang tidak sesuai
- SPAM pada artikel kami
- Memasang produk anda pada kami