8 Film Perang Rating Terbaik Yang Diambil Dari Kisah Nyata


Pada masa lampau, sudah banyak terjadi peperangan yang hampir terjadi di seluruh belahan dunia. Sebagian dari peperangan tersebut dijadikan film, untuk diabadikan seperti misalnya Perang Dunia II. Dari banyak nya film yang mengisahkan tentang peperangan, ada sebagian film yang mendapatkan rating terbaik. Langsung saja, Berikut 8 film perang dengan rating terbaik yang diambil dari kisah nyata diantaranya :


1. American Sniper (2014)
Film pertama dengan rating 7.3/10 dari 366.239 voting, menceritakan kisah hidup Chris Kyle,seorang penembak jitu dari Navy Seal. Saat ia ditugaskan  di Irak, ia berhasil menyelamatkan ratusan nyawa tentara amerika dan berhasil membunuh pejuang Al-Qaeda. Di sisi lain Kyle dihadapkan dengan berbagai masalah, yang membuatnya harus memilih negara atau keluarga.

Salah satu adegan film, dimana saat Kyle terlibat melakukan perlawanan dengan seorang sniper Al-Qaeda yang bernama Mustafa. Belasan tentara amerika dibunuh oleh Mustafa termasuk kedua sahabatnya sendiri yang membuat Kyle berusaha keras untuk membunuh Mustafa. Dan akhirnya, Kyle berhasil membunuh Mustafa meskipun hampir meregang nyawanya.

2. Lone Survivor (2013)
Film kedua dengan rating 7.5/10 dari 226.677 voting ini diangkat dari kisah sebuah misi gagal yang dilakukan oleh tentara AS (Navl Seal) yang diberi nama "Operation Red Wings" salah satu misi paling terburuk yang dilakukan tentara AS. Film ini dikisahkan dengan diturunkan 4 personel SEAL team 10 ke kawasan asadabad,Kunar. Misi utama mereka adalah menangkap tokoh taliban yang bernama Ahmad Shah. Ia diketahui bersembunyi di daerah tersebut dengan 200 pengawalnya yang bersenjatakan lengkap.

Saat diturunkan di daerah pegunungan yang merupakan kawasan peternakan dan posisi rawan mush. Secara tak terduga, mereka bertemu dengan 3 orang gembala tanpa sengaja melewati daerah tempat mereka bersembunyi. Awalnya mereka ingin membunuh ketiga pengembala tersebut dengan alasan agar mereka tidak memberitahukan kepada tentara taliban. Namun, pemimpin mereka (Marcus) berkata lain, ia melarang membunuh rakyat sipil dengan alasan memegang teguh konvensi Jenewa. Ternyata keputusan Marcus yang melepaskan ketiga orang gembala tersebut membawa akibat fatal bagi mereka. Satu setengah jam kemudian, mereka disergap oleh tentara taliban dari segala penjuru arah. Dari keempat personel tentara tersebut, hanya Lutteral yang masih bertahan hidup, ia diselamatkan oleh suku Pashtun di Afganistan. Keberadaan Lutteral pun diketahui oleh pemerintah AS dan segera ditolong oleh SAR team dari Army Ranger dan Special Force dan dibawa pulang ke Amerika Serikat.

3. Fury (2014)
Film ketiga dengan rating 7.6/10 dari 344.600 voting. Pada bulan April,1945 tentara sekutu yang berada di wilayah NAZI,Jerman. Mereka rela mati-matian menyerang dan bertahan hidup di daerah lawan. Salah satu tank yang dipimpin oleh Sersan Satu Don "Wardaddy" yang diberi nama tank Fury bersama dengan ketiga anak buahnya yang selalu bersamanya. Setelah dari medan perang, Wardaddy kembali ke markas. Saat itu kapten Waggoner memerintahkan Wardaddy dan beberapa pasukan lain untuk menjemput pasukan Waggoner yang masih selamat.

Saat akan kembali ke markas lagi, Tank fury mengalami kerusakan yang membuat Wardaddy dan anak buahnya untuk diam sejenak. Namun, tempat mereka diam merupakan jalan yang dilalui oleh tentara Jerman. Wardaddy memutuskan untuk melakukan perlawanan meski Tank miliknya dalam keadaan rusak.Akhir cerita, menyisakan Ellison satu-satunya awak Fury yang masih selamat. Dan keeskokan harinya tentara sekutu datang ke lokasi tersebut untuk memastikan Jerman sudah kalah dan menyelematkan Ellison.

4. Black Hawk Down (2001)
Film keempat dengan rating 7.7/10 dari 315.848 voting menceritakan tentang militer amerika yang melakukan operasi untuk menghancurkan organisasi pejuang islam Somalia. Film ini diawali dengan jatuh nya 2 helikopter Amerika UH-60 Black Hawk yang telah ditembak jatuh oleh tentara Somalia di daerah Mogadishu. Kemudian Jendral William F. Garrison mengerahkan 160 personel pasukannya untuk melakukan misi penyelamatan. Hampir seluruh sudut kota telah dikuasai oleh pasukan Somalia yang membuat tentara amerika melakukan perlawanan. Pertempuran yang memakan waktu 2 hari yang menyebabkan banyak nya tentara amerika gugur dan sisanya lagi dalam keadaan terluka. Karena banyaknya anggota yang gugur,seluruh tentara amerika yang masih ada disana ditarik mundur.

5. Hacksaw ridge (2016)
Film kelima dengan rating 8.2/10 dari 274.542 voting mengisahkan keinginan Desmond T. Doss untuk ikut membela negaranya dalam perang dunia II. Akan tetapi, kepercayaan yang dianutnya yang melarang untuk membunuh orang yang membuat Doss memilih untuk menjadi petugas medis. Saat Doss diharuskan untuk ikut berperang, ia tetap bersih keras untuk tidak melakukannya, Karena itulah ia disebut sebagai prajurit yang melawan negara sendiri.

Maka dari itu, ia kemudian memutuskan untuk berperang dengan mempertaruhkan nyawanya tanpa menggunakan senjata. Ia berhasil menyelamatkan hampir 75 tentara  yang hampir gugur di medan perang. Karena jasanya, ia pun dianugerahkan penghargaan tertinggi oleh AS sebagai prajurit yang tidak menggunakan senjata dalam perang dunia II.

6. Dunkirk (2017) 8.3/10
Film keenam dengan rating 8.3/10 dari 234.568 voting menceritakan tentang perang antar negara. Kota Dunkirk merupakan kota yang ada di Prancis menjadi saksi kelam atas terjadinya evakuasi Dunkirk pada tahun 1940. Berawal dengan aksi penyelamatan 300 ribu lebih tentara sekutu yang berasal dari 4 negara yaitu Prancis,Belgi,Belanda, dan Inggris. Perang itu terjadi saat pasukan Inggris dan Prancis yang berada di wilayah Dunkirk dikalahkan oleh NAZI.yang membuat Inggris melakukan evakuasi pasukan sekutu yang telah ditawan NAZI yang telah berlangsung selama 9 hari dan merupakan evakuasi terbesar yang ada di dunia.

Operasi Dunkirk diambil dari 3 tempat yang berbeda mulai dari daratan,lautan hingga udara yang dijadikan dalam satu film. Film ini diakhiri dengan Alex dan Tommy berhasil menyelamatkan diri dengan menyeberangi Selat Inggris dan naik kereta menuju Weymouth. Mereka diberikan penghargaan karena telah menyelamatkan banyak nyawa pasukan.

7. Saving Private Ryan (1998)
Film ketujuh dengan rating 8.6/10 dari 987.920 voting, mengisahkan tentang keempat kakak beradik saat masa perang dunia II yang mengabdi kepada negaranya sebagai tentara. Sementara mengetahui 3 dari 4 prajurit Ryan telah terbunuh, agar tidak terjadi kejadian yang serupa dengan saudaranya Jendral George Marshall ingin mengembalikan perwira James Francis kepada orang tuanya. George memerintahkan pasukannya untuk mengembalikan Ryan dengan selamat. Tanpa adanya informasi tentang Ryan, tentara Miller pergi ke kota Neuville.Akhir dari film ini, adalah ketika Miller dibunuh oleh musuh. Setelah perang usai, Ryan yang sudah menginjak masa tua nya berziarah ke makam saudaranya.



8. Band Of Brother (2001)
Dan film terakhir dengan rating terbaik 9.5/10 dari 273.238, yang merupakan mini series yang memiliki 10 episode. Mengisahkan tentang personel pasukan penerjun payung AS (Easy Company) yang berperang di Eropa melawan Jerman. Pada episode 1 menceritakan saat latihan dari pasukan penerjun yang dipimpin oleh Letnal Sobel. Para penerjun payung ini diambil dari rakyat sipil dan dilatih agar menjadi tentara. Di akhir ceritanya, mengisahkan kondisi setelah pasukan tentara sekutu berhasil mengalahkan Jerman dan juga berhasil menguasai Eagle Nest. Hingga saat ini film Band of Brother masih menjadi mini series terbaik yang menceritakan kondisi saat perang dunia II berlangsung 

Comments+ 1 komentar:

avatar

Di antara daftar film perang dari kisah nyata, Downfall tetap yang paling keren menurut ane.

Silahkan berikan komentar kami mengenai artikel yang telah anda baca tadi.
Biasakan untuk tidak ;
- Berkata yang tidak sesuai
- SPAM pada artikel kami
- Memasang produk anda pada kami